Ichal Tema
  • Desa Abumbun Jaya
  • Jalur 3 RT.001, Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar
  • abumbunjaya.adm@gmail.com

MUSIBAH KEBAKARAN

Pada Hari Minggu Tanggal 10 September 2023, telah terjadi Musibah Kebakaran Hutan dan Lahan Pekarangan di Wilayah Lingkungan Desa Abumbun Jaya dengan keterangan sebagai berikut :

  1. Titik api awal berasal dari Jalur 8 Desa Abumbun Jaya sekitar pukul 13.35 WITA ( berdasarkan Laporan masyarakat dan Fakta dilapangan )
  2. Titik api menyebar dengan cepat dikarenakan angin kencang dan cuaca panas.
  3. Upaya Pemadaman di lakukan dengan penyiraman air oleh BPK, BPBD Kab. Banjar, Pemerintah Desa Abumbun Jaya, Bhabinsa dan Anggota Koramil Sungai Tabuk, Polmas dan anggota Polsek Sungai Tabuk, BPBD Kota Banjarbaru, Armada Water Canon Polres Banjar dan swadaya Masyarakat Setempat.
  4. Api baru berhasil di Jinakkan setelah 3 Hari, Namuk dikarenakan Wilayah Desa Abumbun Jaya Merupakan Lahan Gambut di khawatirkan masih tersimpan bara api yang dapat Menyala Kembali saat Cuaca Panas dan ber Angin, dengan ini Masyarakat dan Relawan tetap Berjaga-jaga.
  5. Dampak Lahan Terbakar ± 160,700 m² dan Menghanguskan 2 Buah Rumah Kosong di Jalur 7 RT 002 Desa Abumbun Jaya Milik Bapak H.Sanusi dan Bapak Sugi
  6. Kerusakan Lainnya akibat Musibah Kebakaran antara lain Kabel aliran Listrik PLN yang sempat terputus dan sebagian Tanaman sayur milik Warga.

Foto-foto Musibah Kebakaran